Review: Tecsun PL-600

Radio yang akan saya review kali ini adalah model radio yang jarang ada di indonesia.
Ya,. merek radio ini belum ada importir resminya di tanah air,karena itu saya beli di Hongkong melalui situs jual beli Ebay.com


Radio ini menarik minat saya,karena dari banyak review situs/forum elektronik baik luar maupun dalam negeri semuanya memberikan nilai kepuasan yg tinggi bagi pemiliknya.
Yang paling membuat saya tertantang untuk segera bisa memilikinya adalah tingkat kepekaan radio ini di semua frekwensi nya,bahkan konon radio ini adalah the best sensitive radio untuk kelas portable.
Bandwid nya juga tergolong paling lebar ,mulai dari MW,FM,LW,juga SW dari frekwensi bawah sampai paling atas.
Istimewanya lagi ada fasilitas SSB dan Tuning BFO.

Lalu bagaimana radio ini bisa sampai ke tangan saya,dan akhirnya bisa di revew di blog ini ??
Awal kisah,kita langsung ke TKP !! eh.. salah,(emangnya OVJ ?? )
Setelah menunggu hampir sebulan,paket yang saya tunggu dari hongkong akhirnya datang juga.
Keterlambatan ini mungkin juga karena ada jeda hari raya Nyepi di tempat saya (Bali).

FISIK: 
---------
Dalam paket yg saya terima,tidak ada batere di dalam kotaknya,seperti yg sering di revew oleh blog-blog luar.
Namun,radio ini di dalam mesinnya mungkin sudah di sertakan batere backup,sehingga masih bisa nyala walaupun sebentar.
Bayangan saya mengenai ukuran radio ini akan sama dengan radio lokal seperti national di sini ternyata salah.
Ternyata ukurannya tergolong unik,yaitu panjangnya hanya 8 inci,lebih besar sedikit dari radio saku.

Pada bagian depan terdapat beberapa tombol yg tersusun rapi,dan cukup mudah untuk di pahami,seperti tombol power,pengatur waktu/timer,lampu,tuning up-down,SSB dst.
Yang paling memudahkan adalah adanya tombol angka 0-9 yg cukupbesar ,yang mana ini nantinya akan sangat membantu dalam macari chanel yg di inginkan.
Tinggal pencet angkanya,nanti radio akan otomatis mencari di chanel berapa stasiun ini berada.
Pada bagian belakang,seperti biasa terdapat tempat batere ukuran AA (batere jam dinding) sebanyak 4 buah.
Juga ada stiker mengenai pembagian chanel radio yang sangat membantu untuk newbie seperti saya,misalnya FM 87-108 Mhz, LW 522-1620 Khz, SW 1711-29999, 90m=3150-3450, dst.


Pada samping kiri terdapat cuk headset (headset include di box),cuk antena luar(antena external juga include di box),cuk DC/carger(carger include),saklar tone treble-bass,dan yang istimewa adalah saklar antena Gain terdiri dari :lokal,Normal,DX.
Fitur ini ternyata sangat ampuh,mungkin inilah salah satu kelebihan radio ini yg sering di gadang-gadang orang sebagai best receiver portable.
Keampuhan fitur ini akan tulis khusu di bawah pada bagian kwalitas penerimaan.

Pada bagian samping kanan ada 3 tomnol yaitu volume,Tuning BFO,dan yg istimewa adalah tombol tuningnya.
Luar biasa !! halus sekali tuning radio ini,muter tombolnya seperti angin..wussss halus mulus...
Istimewanya ada pilihan Tuning speed Fast-and Slow.
Jadi benar-benar perfect dan patut di acungi jempol.

Kwalitas Signal: 
---------

Apa yang menjadi harapan saya mengenai kepekaan radio ini terjawab sudah.
Harga yg cukup tinggi untuk ukuran radio portable sebesar satu jutaan terbayar sudah.
Apa yg ramai di perbincangkan di forum-forum ternyata benar.

Kwalitas tangkapan signal FM terutama kalau mode DX di aktifkan sangat menakjubkan.
Siaran radio gema merdeka (97,7 mhz) yang biasanya saya nikmati dengan radio Tuner DTK dan harus pake antena pengarah yg sudah di custom ,bisa di dengar dengan jelas oleh radio ini hanya dengan antena bawaannya.  GREAT AMAZING !!!!!! FUNTASTIS !!!

Pada mode SW juga tidak mau kalah.
Siaran seperti BBC dan lainnya bisa di tangkap dengan sangat jelas.
Yang istimewa adalah di mode SSB,saya bisa mendengar percakapan breaker di frekwensi 7020 khz dengan cukup jelas,meski dalam kamar. Luar biasa !!!

Di chanel MW rupanya radio ini harus tunduk pada keampuhan radio Panasonic RL-4249 MK3 yang pernah saya posting disini.
Tapi meskipun begitu siaran MW masih bisa terdengar lumayan bagus.

Sound: 
---------
Yang membuat saya kagum dengan radio ini selain yang di atas adalah mengenai kwalitas suaranya.
Dengan spekaer yg pasti sangat kecil(mengingat pisiknya kecil),radio ini bisa mengeluarkan suara yg begitu pure.
Midle nya keluar,bass ada,treble juga lumayan bagus.Di tambah ada saklar Tone seperti yang saya tulis di atas.
Jika memakai headset,siaran FM bisa di nikmati stereo,dan yang juga istimewa adalah kontrol volumenya:meskipun tombol volume di taruh maksimal,suara yg keluar tidak akan pecah. GREAT  JOB!!!

Kesimpulan 
---------
Secara umum,saya belum menemui kekurangan yg berarti di radio ini selama masa testing 2 hari.
Harga yang di bayar,benar-benar sesuai dengan kwalitas yang di dapat.
Untuk yang hobby radio listening,perangkat ini layak di miliki.

20 Response to "Review: Tecsun PL-600"

  1. Anonymous Says:
    March 17, 2013 at 1:25 AM

    Wowwww

  2. Widyo Rio says:
    March 20, 2013 at 5:40 PM

    Kata orang, kalau udah punya radio ini, rasanya udah nggak perlu cobain radio lain. Betul nggak bli? ..hehe... pingin.com

  3. MM says:
    March 20, 2013 at 5:48 PM

    @ pak rio: namanya manusia,gak ada puasnya pak. hehehehhe..
    Malah saya pengen koleksi seri lainnya,yaitu TECSUN S 2000.

    wah..pokoke radio maniak, kwakwkakwak

  4. PTC123 says:
    July 5, 2013 at 11:21 AM

    Bli Ming waktu beli Tecsun PL-600 ini kena pajak apa tidak? kalau kena jumlahnya berapa ya Bli? karena kan itu barang di impor dari luar sana dan harganya juga cukup lumayan...
    saya belum berani beli barang yang harganya tinggi-tinggi di Ebay, masih belum faham dengan perhitungan pajaknya.
    kalau ada waktu silakan mampir balik Bli ke blog saya, trims.

  5. MM says:
    July 6, 2013 at 10:26 AM

    @PTC123:Waktu saya beli radio itu,saya hanya pakai feeling saja,saya cari yg seller recomended di tandai dg rating yg tinggi dan yg harganya masuk akal (gak terlalu murah dan juga gak ketinggian).

    Tidak ada biaya tambahan seperti pajak.

    Trims sudah berkunjung

  6. PTC123 says:
    July 6, 2013 at 9:32 PM

    wah mantep kalau gak ada pajaknya Bli, jadi minat nih order di Ebay, he he he...
    BTW, Bli sudah liat di Youtube video modifikasi sound untuk Tecsun PL-600 ini biar suaranya makin merdu? judulnya "Tecsun PL-600 Modification" by Rene Zapf.

  7. Unknown says:
    October 26, 2013 at 10:44 PM

    Yth MM

    Ditengah zaman internet sekarang ini, senang mengetahui masih ada yang sangat menyenangi radio. Saya menemukan blog anda tidak sengaja sebenarnya. Ceritanya begini, saya melihat radio SONY ICF-7601 teronggok di depan kamar mandi karena baru digunakan istri saya menemaninya bersih-bersih rumah. Waduh, saya tiba-tiba dilanda nostalgia. Saya ingat radio ini dibeli Bapak saya (sekitar tahun 1989 atau 1990-an), beliau beli 2 buah, satu diberikan untuk saya. Saya masih SMP waktu itu. Kalau tidak salah harganya sekitar Rp 250.000, harga yang cukup mahal waktu itu. Setelah beberapa tahun, radio ini kemudian saya bawa merantau ketika pertama kali bekerja di tahun 2000-an ke Balikpapan. Satu-satunya hiburan yang saya punya waktu itu, maklum baru lulus kuliah, kerja honor dengan gaji pas-pasan, radio ini benar-benar menjadi teman setia saya.
    Kembali ke masa sekarang, setelah melihat teronggok didepan kamar mandi, saya menjadi tidak tega. Akhirnya saya bilang sama istri saya, radio sony nya saya tarik aja ya, saya akan belikan gantinya. Jadilah saya searching soal radio dan ketemu blog ini. Dan dari review yang ada, saya lagi mencari radio panasonic RL-4249 MK nih (belum ketemu lagi). Dan akhirnya, malam ini saya kembali bernostalgia sambil mendengarkan suara radio sony ICF-7601 saya. Setelah lebih 20 tahun, suaranya tetap renyah, walau sampat terlupakan. Terima kasih atas review radio-radionya, Ohya review dong radio Sony saya tersebut :).
    Salam saya dari Banjarmasin

  8. MM says:
    October 29, 2013 at 1:02 PM

    @Muh Syarief :Mohon maaf,saya belum bisa mereview type radio seperti yg anda maksudkan,karena unitnya belum saya miliki.
    Trimakasih atas berbagi ceritanya,dan sukses untuk anda.

  9. Anonymous Says:
    April 4, 2014 at 6:28 AM

    Gan radio tecsun nya disa auto record gak gan, ane lag cari radio ynag gituan gan, ad referensi gak? thx gan.....Bagus jg reviewnya gan.....:-)

  10. Nanang Setiawan says:
    April 20, 2014 at 9:12 AM

    Bagus juga Radio ini, tapi saya juga belum punya ...

  11. MM says:
    January 18, 2015 at 3:58 PM

    @Anonym : belum bisa auto record gan.
    @Nanang : Kalau ada niat pasti bisa gan,semangat ya,trims atas kunjungannya.

  12. Unknown says:
    September 20, 2015 at 11:40 PM

    saya juga punya ini radio, keren, sangat sensitif. setara dengan sony icf-sw7600gr. Jika membandingkan keduanya tecsun 600 masih relatif lebih sensitif dan lebih murah harganya.

  13. MM says:
    October 14, 2015 at 6:49 PM

    @joko santoso : trims kunjungannya gan,
    sukses untuk anda.

  14. Unknown says:
    October 28, 2015 at 11:37 AM

    Pak Komang,
    Tiang juga lagi order radio ini di ebay kira-kira pengirimannya tidak ada kendala di bea cukai nggih?

  15. MM says:
    November 1, 2015 at 4:15 PM

    @I Wayan Mudiarta : kalau saya kebetulan gak ada masalah pengiriman.Cuman waktunya agak lama,maklum saya tinggal di daerah pinggiran.

    Mudah2an pesanan pak ayan juga bisa lancar,suksma.

  16. Unknown says:
    November 11, 2015 at 2:10 PM

    Terima kasih Pak Komang atas doanya, akhirnya tecsun PL-600 mendarat dengan mulus di tempat kerja, syukur ga ada kendala di BC.

  17. Anonim says:
    January 23, 2016 at 7:13 PM

    Wooww...jadi kepingin memiliki dan memakainya sesegera mungkin nich...

  18. Unknown says:
    March 21, 2017 at 10:25 PM

    Ktnya FM bisa difrekuensi bawah 65Mhz caranya gimana ya setel2nya?

  19. Cinthia says:
    January 15, 2019 at 1:36 AM

    Pak, ini radio untuk power nya bisa dicolok ke colokan listrik? Atau hanya bisa dengan baterai?
    Terima kasih

  20. djoelham sjahpoetra says:
    January 15, 2019 at 1:45 AM

    keren, di sini harga nya bikin mewek

Post a Comment