Restorasi Telesonic TR 500

MW     520  -    1605 KC
SW 1    1,6  -          4 MC
SW 2       4  -        10 MC
SW 3     10  -        22 MC
BATTERY  - 9 Volt SIZE  D X
--------------------------------


Radio all transistor ini menarik minat saya karena ada tombol "fine tuning" dan Vu meter nya.
Bentuknya agak besar,lumayan berat,tapi tampilannya saya suka: elegan dan clean !! yeah... i like it !!!
Saya dapatkan waktu hunting seputaran kota,di rumah teman bisnis saya.

Ada kejadian lucu waktu pertama melihat radio ini.
Begitu di ambilkan dari gudang si pemilik,saya langsung coba lihat kondisi mesin radio dalam kotak kayu ini.
Masih original semuanya,bahkan kertas skema rangkaian masih menempel,dan hanya pada beberapa bagian seperti tempat batere yang berkarat termakan usia.
Saya makin bernafsu untuk mencoba menghidupkan.
Saya minta si pemilik untuk mengambilkan kabel listrik karena kabel bawaannya putus.
Setelah di sambung se adanya ,coba putar knob on-off, Brummmm... eh salah, radio langsung berpidato.
Maksudnya memperdengarkan siaran berita dalam bahasa asing,dengan modulasi yang timbul tenggelam khas SW.
Wowww..... amazing !!!, sekian tahun tertimbun di gudang masih oke !!!
Begitu pemilik ke dalam untuk menanyakan mahar radio ini kepada istrinya,saya langsung coba mendekat,mengelus-elus cassing kayunya,layaknya melihat paha mulus girlband JKT 48.
Saking bernafsunya,saya tidak memperhatikan kabel AC yg belum di isolasi,tak sengaja kabel terkelupas ini ikut saya elus,dan..duuutttttttttt..duttttttt,brummmmm. Sebuah perasaan sakit,terkejut,dan shock menjalar ke jemari saya. Intinya saya ke setrum dengan sukses sore itu.
Untung pemilik belum keluar,hingga kejadian memalukan itu tidak terlihat orang lain, kwakwkakwkakkk.

Setelah menyelesaikan maharnya,radio ini sukses saya bawa pulang untuk selanjutnya di restorasi.

Bagian pertama yg saya lakukan adalah membongkar mesinnya,memidahkan bagian cassing dan mesin,sehingga lebih mudah di bersihkan.
Tombol-tombol saya cuci,begitu juga cassing di lap dengan kain halus dan cairan pengkilap.
Jangan sekali-kali coba merendam mesin atau cassing ke dalam air, hehehhe,cukup di gosok dg sikat untuk bagian yang membandel.
Setelah cassing oke,di lanjutkan dengan mengganti tali pemutar tombol Tuning karena sebelumnya putus.
Bagian antena juga saya perbaiki,karena bautnya karatan dan tidak bisa di lepas memakai contac cleaner.
Dengan ongkos 10 ribu,bagian ini sukses di restorasi ke tukang bubut/las.

Selanjutnya pegangan cassing belakang yg copot juga saya perbaiki.
Saya belikan paku rivert yg sudah di potong rapi,sekaligus belikan handlenya untuk investasi karena kedepannya saya pasti akan memerlukannya alat ini lagi.
Tidak ada bagian mesin yang perlu di service karena seperti ulasan di depan,mesinnya masih orisinil dan sempurna.

Yang agak sulit adalah menutup bagian belakang cassing yg berlobang kecil-kecil.
Entah siapa dulu yang menservice dengan cara begini kasar.
Lobang untuk menaruh baut di solder begitu saja hingga menyisakan lobang yang tidak indah terlihat.

Dengan hati hati saya tambal dengan plastik sejenis dengan bantuan solder besar.
Lobang tertutup,hanya pola kerutan seperti aslinya sulit saya tiru.
Tapi no problemo,masih bisa di toleransilah, heheheh..

Akhirnya radio ini sukses mengisi rak koleksi radio saya,dan bertengger dengan gagah di urutan rak ke dua.


20 Response to "Restorasi Telesonic TR 500"

  1. JM Radio says:
    May 1, 2013 at 9:55 AM

    Radio ini termasuk yang saya "buru", selamat sudah memilikinya.

  2. Anonymous Says:
    September 24, 2013 at 11:23 PM

    Kunjungan mas.....blognya apik....Sayang saya ngga punya banyak koleksi radio transistor spt jenengan jdi blm bisa tuker cerita heheheh...

  3. MM says:
    October 29, 2013 at 12:57 PM

    @zaidir jamal :trims supportnya.
    @radiotabung : ilmunya belum nyampai ke radio tabung mas. Tapi kedepannya ada rencana seperti itu.
    Trims sudah berkunjung.

  4. JM Radio says:
    December 14, 2013 at 6:01 PM

    Sekarang saya sudah dapet radio ini Mas tapi sayang speakernya gak ori, alamat blog saya sekarang ganti mas http://jmradiodoc.blogspot.com, trims

  5. MM says:
    December 15, 2013 at 8:44 AM

    @jamal: wah..selamat mas,udah dari dulu ya nyarinya??

  6. Rachmanbobo says:
    January 25, 2014 at 9:13 AM

    wah.. jadi inget radio bapakku.. udah rusak terendam banjir di surabaya beberapa tahun yang lalu. desain jadul inspiratif... lanjutkan ..

  7. Achmad Ch says:
    September 10, 2017 at 9:39 AM

    Mas...sangat menggairahkan tulisannya..saya akui suaranya wow, saya memiliki nya juga, hasil perburuan juga..nah saya perlu skematik diagram rangkaiannya, boleh dong dibagi...salam

  8. YD1LKB says:
    January 4, 2018 at 5:53 AM

    Mas tolong minta potoin skemanya yg jelas punyaku ada kabel gulungan yg lepas

  9. YD1LKB says:
    January 4, 2018 at 5:55 AM

    Mas tolong minta potoin skemanya yg jelas punyaku ada kabel gulungan yg lepas

  10. Unknown says:
    September 2, 2018 at 10:30 PM

    Ini radio thn berapa ya saya juga baru dapat

  11. Unknown says:
    March 19, 2019 at 4:40 PM

    Ini hrg radio kisaran brp ya mas

  12. Achmad Ch says:
    March 19, 2019 at 5:37 PM

    Barusan saya lihat di toped ada yg jual Rp.150rb lho ini link nya

    https://tokopedia.link/gxHgmWSgbV

    Selamat berburu :)

  13. Unknown says:
    November 8, 2019 at 8:57 PM

    Saya baru dapat tr 500 Alhamdulillah kondisi seperti baru sayang lampu penerang mati satu

  14. Herman says:
    April 18, 2020 at 8:32 PM

    mas bisa minta bantuannya mas

  15. Achmad Ch says:
    April 18, 2020 at 9:59 PM

    nah bantuan apa nih, kali2 bisa jawab ..

  16. Daryono says:
    June 20, 2020 at 12:47 PM

    Skemanya bisa dimuat nggak om ?

  17. Choirul Fata says:
    October 17, 2020 at 7:37 AM

    Ninggal jejak dulu,salam kenal mas. Saya fata dari solo

  18. Yonbrawn says:
    February 3, 2021 at 2:57 PM

    saya punya radio tersebut kondisi original dan masih nyala ,barangkali ada yang minat

  19. Senthot says:
    March 4, 2022 at 11:25 AM

    Minta foto rangkaian gan

  20. Senthot says:
    March 5, 2022 at 10:15 PM

    Mahar brp mas

Post a Comment